Cinta

Cinta
Demi Wildan

Bebek

Bebek
Jepret-jepret karya WIildan

Sabtu, 02 Mei 2015

Short get away to Yogya (late post Oktober 2014)

Idan belum pernah ke Yogya (ke Bali dan luar negeri belum pernah juga sih). Kasian ya? Maklum ibunya kan kere dan ngirit jadinya jarang liburan. Liburannya kalau pas ibu ada simpo ke luar kota saja, biar hotel gratis cuma nambah pesawat aja hihihi (pelit luuuh bu)....:p 

Dan kesampaian juga Idan ke Yogya bulan Oktober 2014 kemarin. Kebetulan dapat hotelnya di Royal Ambarukmo yang gede halamannya itu. Puas deh dia keliling2. Kan ada peturasan-nya Sultan juga tuh, jadi dia bisa lihat2 juga. Plus sebelahnya kan Ambarukmo Plaza, jadi kalau bosen , bisa main ke mol (haaaahhh...mol lagi? kayak ga pernah ngemol aja di jakarta?Emang nggaaaa )


Kok aku gede banget yaaa?

Lagi demen pakai Fedora

Ayah leyeh-leyeh di lobi

Bapake dan mboke Idan

Itinerary model aku kan tipe banyak maunya tapi terhambat di waktu dan isi dompet huahaha, jadi  lebih besar kemauan dari kemampuan. Udah dirancang kemana-mana eeeeh jadinya malah beda. Intinya sih ga mau muter-muter di dalam kota Jogja aja, bahkan malioboro pun ga tersentuh. Eh tersentuh sih sama aku tapi pas Idan belum nyusul.

Begini nih kalau kelamaan postingnya....malas mendera

Terus kemana aja dong? 

Hari pertama Idan dan ayah sampai kita makan di Warung Bu Ageng. Lodehnya ngangeni. Tapi hanya lidah jawa yang bakal suka makan di sini. Eh tapi sehari setelah kita makan di sini, bosnya FB , Mark Zuckerberg ke bu Ageng juga. Duduk di kursi kita pula (deeeh bangga bener sih luuuh). 



Di Warung Bu Ageng

Sumur tua, bukti keunikan Butet Kertarajasa si pemilik warung

Apa ya artinya?

Foto siapa aja ya? 

Pesanan kami, lele ingkung, lodeh dan ayam goreng rempah
Lodehnya juara deh

Papan Warung Bu Ageng

Udah kenyang masih manyun

Terus nyenengin Idan, kita jalan ke Taman Pintar, biar Idan tambah pintar. Awalnya kita ngajak dia membatik. Bete bener karena gambarnya ga bisa bagus dan rapi, Idan berujung ngambek. Ihhh pengen diuyel-uyel deh kalau lagi ngambek... Alhamdulillah waktu batiknya sudah jadi, dia malah minta mbatik lagi. Kita lanjut keliling2 Taman Pintar, lumayan nambah pengetahuan dia. Beti sama science center di Trans Studio tapi Taman Pintar kurang terawat, maklum yang kelola pemda kayaknya.


Belajar membatik

Ini latihan sensori integrasi benerannya nih

Diajarin kakak pembimbing

Main lempung

Di Taman Pintar Idan kaget ada suara Dinosaurus, dia sampai loncat. Idan juga lihat-lihat diorama keraton Yogya dan patung-patung tentara kraton. Ada beberapa simulasi sains yang cukup menarik. Mas-mbak petugasnya pun cukup helpful. Cukuplah untuk bikin moodnya yang sempat anjlok gara2 merasa sulit membatik tadi balik lagi.


Lihat-lihat maket keraton

Hormat graaakkkkk

Pusing pala berbie nih si Idan

Mainan spektrum warna

Tentang elektromagnet

Senang baca info lubang hitam

Belajar rely pemantauan bencana

Puyeng lihat optical motif ya Dan?

Kalau lari ada suaranya ikut Idan 

Menjawab kuis ilmu pengetahuan

Belajar prinsip katrol

Belajar listrik

Ketemu teman baru

Yang ini apa ya? Lupa hehehe

Belajar tenaga angin

Main gamelan

Astronot Idan 


Keburu2 kita balik ke Royal Ambarukmo, mau nonton jemparing alias panahan. Sengaja biar Idan senang dan yuhuu bener lah dia excited banget. Sayang anak kecil ga boleh nyoba. Mandi dan siap2, kita mau nonton Ramayana Ballet di Prambanan. Sopir rental mas Budi ngajak makan gudeg ceker di Seturan. Ga tau enak apa laper, kita makan sampai nambah. Maklum lah aku dan ayahnya Idan cuma kenal enak dan enaaaak sekali. Terus lanjut deh ke Prambanan.


Jemparing alias panahan



Lagi full moon, sayang episodenya cuma Penculikan Dewi Shinta. Yang full episode udah sehari sebelumnya buat peserta APAPARI. Ya sutra gapapa, yang penting utang mbokne udah lunas ya Dan. Idan seperti biasa terngantuk-ngantuk kalau adegannya cuma nari-nari aja, tapi kalau adegan perang dia langsung semangat. Yaaah sayang ga nonton yang Hanoman Obong ya Dan. 


Sebelum pentas

Candi Prambanan bermandikan cahaya

Anak bnah Rahwana

Idan mengantuk 

Shinta diculik 

Foto bareng Lesmana 

Besoknya setelah nggragas makan di hotel, kita jalan pagi-pagi ke Merapi. Idan sudah ga kayak dulu kalau sarapan di hotel bingung sendiri mau apa, ujung-ujungnya cuma makan sereal. Sekarang sudah gembul, maunya semua diicip. Sampai kekenyangan hihihi. Tapi emang breakfast royal ambarukmo ini enak dan variatif. Kapan kita nginap di sini lagi ya ? 

Di Merapi, nyewa jip dari dekat desanya mbah Marijan di Kinarejo. Sewa rute pendek aja yang 250rb. Jangan lupa pakai masker dan topi kalau ngga mau hitam dan batuk. Debunya banyak (yaeyalaaah bekas letusan gunung gitu ). Sopirnya cukup informatif sepanjang jalan cerita kondisi sebelum erupsi seperti apa. Seram juga sih, kali Gendol yang dalam jurangnya 70 m aja sekarang ketutup semua sama bekas erupsi. Sayangnya banyak truk pasir yang menambang pasir liar, sampai bikin macet saingan sama jip.


Yang growong itu kawah yang 2010 kemarin meletus

Pakai masker dan topi 

Foto dulu di base camp jip Merapi Volcano Tour

Sisa muntahan material Merapi

Idan tunjuk sana tunjuk sini


Kita mampir di museum Sisa Hartaku. Isinya sisa-sisa barang penduduk yang terkena letusan. Ada motor, kerangka sapi, peralatan dapur, jam meleleh dll. Kebayang panasnya seperti apa kalau wajan aja meleleh. Idan termangu-mangu haru. Belajar bersyukur ya Nak, kamu termasuk anak beruntung. Keren juga ya penduduk merapi ini, bisa move on. Taking advantage from their tragedy. Tour Merapinya lanjut sampai ke bunker dan batu alien (yang ga mirip alien). Di bunker ini ada yang relawan yang meninggal. Setelah mabok-mabokan balik ke base camp, kita lanjut turun ke selatan. Sayang ga sempet nyobain jadah tempe.


Musium Sisa Hartaku

Kerangka sapi yang terbakar wedhus gembel

Idan prihatin banget mukanya

Semua harta pemilik rumah habis 

Janji apa ya dia?

Sampai meleleh televisinya

Idan tersentuh banget di sini

The Samians

Di depan bunker

Mana yang mirip batu alien ya?

Bawa pulang oleh-oleh batu 


Berhubung anak lanang kalau lapar jadi cranky, kita mampir dulu ke Soto Mirasa. Kirain jauh dari hotel, ya elaaah tetanggaan ternyata. Tau gitu pas lagi kongres kan bisa makan ke sini. Daripada bingung2 bedain mana Soto Kadipiro asli mana yang KW, si soto Mirasa ini bisa jadi pilihan. Katanya sih langganan pak SBY.

Dari situ, kita pergi ke pabrik coklat Monggo di Kota Gede. Berasa di pabrik Willy Wonka. Idan seneng makan banyak coklat (ibu melotot). Setelah beli banyak oleh2 termasuk coklat rasa cabe, kita pergi ke Parangtritis. 
Monggoooooo

Mukanya seneng banget liat coklat macam - macam rasa

Lagi edisi Halloween

Kok mahal yaaa? Hihihi


Kenapa Parangtritis? Kan jelek pantainya, kotor pula. Yaah kan Idan belum pernah. Biar sah aja ke Yogya kalau udah ke Parangtritis. Sampai pantainya, dia langsung bilang: woooowwww, awesome! Duh bocah, belum pernah liat pantai di Indonesia Timur ya? 100x lebih bagus daripada Parangtritis. (Lah gue juga belum pernah liat kok :p ). Main airlah dia di sana sampai mesti ditarik-tarik soalnya hobinya masuk air sampai jauh ke lautan. Duuuh nanti diajak pergi sama Ratu Kidul terus ibu gimana? Yah nangis laaah.


Ayah dan Idan 


JUMP FREE

Wajah dan senyum begini priceless

Gali pasir langsung hilang kena ombak

Abaikan betis Ibu ya

Waduh kalau keseret ombak gimana?

Jadi ga mirip ya sekarang? :) 

Lari dikejar ombak

The Samians di Parangtritis

Naik dokar 

Ombaknya gede ya

Ngapain sih ini?


Puas main balik ke Yogya, lewat sate klathak pengen nyobain, tapi kalau kamu lapar banget kayak saya, jangan ke sana dalam perut lapar. Bisa2 kamu marah2 kayak saya dan membatalkan pesanan (maluuu). Akhirnya makan di ayam goreng kampung yang juga terkenal di daerah pinggiran kali code. Lumayan enak. Idan sih udah tepar dari sejak di sate klathak.

Terus kita pindah hotel ke Novotel. Karena yang di Ambarukmo sudah dilunasi, kita hibahkan ruangannya ke keluarganya mas Khabib dan Dilla, kenalan lama di Yogya. Kata mereka, aneh aja orang Yogya nginap di hotel Yogya. Lah ngga apa2 mas, sekali2. Dilla dan mas Khabib sebelumnya sempat ngajak saya makan di oseng-oseng mercon mas Toni. Itu juga kali pertama mereka makan oseng-oseng mercon yang sukses bikin perut Dilla mules hehehe.

Sampai Novotel, ketemuan sama Widya, teman dari FK Undip yang sekarang sudah SpM di UGM. Ya ampun kurus bener ga kayak saya hiks. Sementara Idan naik sepeda neon di alun-alun.


Di Alun-aluk Kidul naik sepeda hias

Kok ganteng ya si Idan nih hehehe
Ketemu Widya 


Pagi-pagi abis shubuh, kita pergi ke Borobudur. Rencananya mo liat sunrise, tapi kata ayahnya kapan2 saja karena Idan capek sekali. Idan apa ayah yaa? Biar sah, Idan ke Borobudur. Eh ketemu lagi sama Mark Zuckerberg yang abis nonton sunrise. Tapi itu juga kita tau dari medsos setelahnya hahaha. Ini si Mark ngintilin Idan kayaknya. Di Borobudur kita sewa tour guide, mencurigakan kalau dia penyuka sesama jenis deh, gemulai bener. tapi diluar itu dia sangat informatif. Kita jadi tau cerita di balik relief Borobudur. Biasanya kan cuma potret2 aja. Pengalaman kalau ke wisata budaya, selalu sewa guide ya biar nambah wacana pengetahuan.


Tuh kan gaya Pak Guide ga nahan deh 

Liat apaan sih ? 

The Samians di Borobudur

Menoreh

Idan belum mandi

Relief kelahiran Budha Gautama



Balik ke Yogya, sarapan di Novotel, tapi karena udah siang ga banyak buffet tersisa. Idan udah kadung mau nyebur ke bathtub. Laaaah lebih senang main ke bathtub daripada poolnya. Untung akhirnya dia mau juga berenang di pool. Bahkan ketemu teman baru.



Ibu sempat2in pergi ke Bringharjo belanja batik. Terus kita ke bandara dan pulang. Check in nya padaaaat banget. Memang harusnya sudah buat bandara baru ini. Sampai pesawat (baru sekali ini bareng naik pesawat sama Idan), bertiga kita sukses tidur. Sampai2 sudah di Halim. Senangnya ada Citilink yang terbang dari dan ke Halim. 

Kapan-kapan kita main lagi ke Yogya ya Daaaan....belum khatam jalan-jalannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar