Cinta

Cinta
Demi Wildan

Bebek

Bebek
Jepret-jepret karya WIildan

Minggu, 03 Mei 2015

Short Escape to Solo (late post - Oktober 2013)

Ini sebenarnya posting jadul bener deh. Gara - gara malas baru bisa ditulis sekarang. Yah tujuannya bikin blog ini kan sebenarnya buat kenang-kenangan untuk dibaca-baca sama Wildan nanti kalau sudah besar. Biar bisa senyum mengingat masa kecilnya yang indah dengan jalan-jalan sama Ibu dan Ayah (hiks huaaa langsung mbrebes mili deh).

Edisi simbok pelit, jalan-jalan kali ini juga disponsori oleh farmasi dalam rangka Pertemuan Ilmiah Tahunan IDAI 2013 di Solo. Ada yang istimewa karena simbok akan terima penghargaan penulisan makalah ilmiah terbaik versi majalah Sari Pediatri dan dapat uang boook..Mayan lah buat belanja oleh-oleh. 

Seperti biasa simbok jalan duluan, disusul sama mas Wildan dan Ayah. Gara-gara miskom, simbok datang sehari lebih awal. Walau sebal karena ga ada teman, tapi simbok hepi-hepi aja jalan-jalan sendirian seputar Solo. Menginap di Rumah Turi Solo yang katanya hotel (menurut saya sih masih taraf "motel" ya bukan hotel) ecogreen percontohan di Solo. Bagus memang, ijo royo-royo. Kalau ngga tau jalan agak susah nyarinya karena di lingkungan perumahan. Kalau nginep di hotel unik begini pas sendirian, karena kalau sama Wildan akan protes berat, " Kok ga ada bathtubnya?" Jiaaaaah banci bathtub dia. 


Pengen kamar kayak gini deh



Sendirian simbok jalan ke pasar Triwindu (yang juga ga kebeli apapun), makan sotonya yang terkenal itu, terus lanjut jalan kaki ke Klewer. Alamakjaaan kirain deket, jauh ternyata. Mana Solo ga ada angkot adanya Trans Solo jadi deh ibu nyobain muter2 nyasar di Solo hihihi. Untung ga ilang yah. Di Klewer pengen nyobain tengklengnya tapi kaki dah gempor nih. Mo naik becak ngga tega sama yang nggenjot :p. 
Soto Triwindu yang terkenal itu

Penampakannya nih, buat saya enak tapi masih enak soto bu Jatmi

Sabtunya baru mas Wildan dan ayah datang. Dijemput di bandara Adi Sumarmo , kita langsung capcus ke Prambanan. Sebelum ke bandara, simbok makan dulu di Selat Solo mbak Vien's. Enak bo enaaak. 
Selat solo mbak Viens

As you know, simbok kebanyakan gaya dan itinerary tapi ga pernah ada yang jalan. Kan judulnya biar sah udah sampai Solo-Jogja kalau ke Prambanan (hadeuh padahal kalau tau tahun depannya bakal pergi ke Jogja juga ogah deh suruh ke Prambanan siang-siang). Panaaaaaaaaassssssss


Menjemput duo ganteng aaah kangeeeen

Ada sentimen sendiri sih di Prambanan, simbok dan ayah dulu honey moon ke sini. Masih ada fotonya loh dengan simbok masih langsing tujuh keliling. Eh tapi kita sedikit kecewa karena gara2 gempa Jogja, banyak candi yang terpaksa di renovasi dan suasananya jadi gersang gitu. Ada yang bagi2in selendang batik, sudah geer aja kirain buat kita, eh ternyata memang dipinjamkan bagi pengunjung yang mau masuk ke area candi.


Dibawah payung fantasi

The Samians di Prambanan

Tuh kan banyak yang rusak

Ayah Ali pakai sarung batik


Idan di depan candi

Kita ngga nyewa guide sendiri (edisi medit masih berlanjut). Instead of, kita nebeng rombongan orang dari suatu perusahaan yang lagi jalan-jalan. Guidenya informatif sekali. Idan senang sekali dengar ceritanya. He was the smallest on the group. Wkwkwk untung kita ga dipelototin ya sama peserta tour karena nebeng gratis. Di tamannya Idan sempat kasih makan rusa, kasian rusanya kurus kering di cuaca panas dan ga ada tempat minumnya. Hei terlalu kalian yang ngurus yaaa!!!


Kasian rusanya kurus-kurus


Pulang dari Prambanan, Idan cranky karena lapar. Pak supir menyarankan kita makan di RM Ayam Goreng Mayar. Enak dan murah, Si Idan langsung ilang cranky nya dan tidur sampai balik Solo. Kenapa makanan di Jakarta ga ada yang seenak itu yaaaa? 
Nyaaaam ayamnya gedeee


Muka lapar

Kita langsung pergi ke hotel Kusuma Sahid. Judulnya hotel bintang lima, tapi rasanya bintang lima jaman Orde Baru nih. Kamarnya creepy mana mojok pula melewati lorong yang gelap dan banyak patung. Aaaaah ngga aaah, minta pindah di keesokan harinya dan kita di upgrade ke suite? Masih seram? Pas rame2 dengan Ayah dan Idan sih ngga, pas mereka udah pulang iyaaaa masih dong. Sampai pindah tengah malam ke kamar Elina dan Riri yang juga menginap di situ. Ga recommended deh buat yang jiwanya penakut kayak simbok. Mending cari hotel yang baru dan modern aja bangunannya. 


Ayah di lobi leyeh-leyeh jetlag

Dianggap bagasi apa yaaa?

Seger berenang

Simbok - Ayah di lobi yang bagus tapi creepy


Malamnya kita makan icon kuliner Solo, nasi liwet. Tapi bukan yang mainstream si bangsa gemuk, ini rekomendasi temen lokal, adanya depan Novotel . Nasi liwet Yu Djamboel. Bedanya apa ya? Entah kan simbok cuma tau enak dan enaaak sekali hehehe.


Porsinya imuuuut

Lokasi depan Novotel


Terus lanjut naik sepeda hias di seputaran Stadion Manahan. Ih nih anak berbinar matanya besar sekali kayak lampu sorot (lebay ah). Sampai bosen nemenin dia...plus lapeeeer. Akhirnya ke Galabo, itu loh tempat kulineran bentukannya si Jokowow waktu masih jadi walikota. Melewati pasar malam triwindu. Bagus-bagus sih barangnya, tapi yaaah gitu deh kalau ada yang udah kelaperan jadi ga konsen. Idan kalau udah ngantuk dan lapar kan super duper sesuatu. 
Tuh kan berbinar


Ayah pegel genjotnya

Pasar malam

Ada panggungnya

Galabo


Di Galabo, Idan bobo aja di mobil, cuma pesan nasi goreng buat dibawa ke hotel. Ya elaaah leee, jauh-jauh ke mana2 pesananmu selalu standar, nasi goreng. Simbok dan ayah mencoba makan sate kere (not my taste, too sweet), wedang leci ? (lupa namanya nah ini enak) . Habis itu kita pulang ke hotel seram itu dan siap2 bobo buat jalan-jalan lagi ke Tawangmangu besoknya. 

Habis sarapan di hotel, kita ke Tawangmangu. Liat apa ya? Air terjun yang super duper padat dengan orang dan sampah. Hiks mending ke Sangiran aja kalau gitu. Capek banget disini nafas simbok mau putus. Akhirnya balik ke parkiran mobil naik kuda. Kasiannya kuda yang bawa simbok ya, overluggage hiks. 

Peta Tawangmangu


Oaaaaheeemmm ngantuik ya nyet
Tuh ngga ada bagusnya yaa
Masih nyengir abis naik kuda


Hiburan kekecewaannya adalah iming-iming makan sup buntut Bu Ugi. Naaaah ini baru enak. Dingin-dingin makan yang anget-anget. Terus murah lagi...ah kenapa di daerah makanannya murah-murah yaaa? 


Sluuuuurp jadi pengen


Dari Tawangmangu kita mampir rumah eyangnya Farrel, teman sekelas Idan yang pindah ke Jogja. Dulu Idan dan El cs banget. Semoga silaturahminya jalan terus ya. 


Eyang, tante Dini, Farrel

Malamnya ada Cultural Night. Simbok maju ke panggung barengan dengan para konsulen, kayaknya ga layak nih dijejerkan sama mereka. Ayah dan Idan bangga banget kayaknya sama simbok (masaaaaaa? perasaan simbok aja keleus).
Sebelahan sama Dr Mulyadi SpAK

Besoknya Idan dan Ayah sempat ke museum Sangiran sayangnya karena kudet ternyata kalau hari Senin tutup buat maintenance.... yaaaah sayang amat ya nak? Padahal bagus buat edukasi. Dan siangnya Idan dan ayah pulang, simbok masih sehari lagi. Sepi ga ada kalian. Walau simbok masih semangat kulineran sih hehehe... Kapan-kapan kita khatamkan jalan-jalan di Solo ya Dan, mumpung Idan masih mau diajak pergi sama simbok dan Ayah. 


Mie Toprak

Toko Mesran

Timlo Solo

Dinner dari Dexa di Goela Kelapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar