Cinta

Cinta
Demi Wildan

Bebek

Bebek
Jepret-jepret karya WIildan

Minggu, 03 Mei 2015

KOLEKSI JADUL: TANDA PENUAAN DINI ?

Tahun 2013 yang lalu saya menemukan hobi baru, koleksi keramik jadul. Kenapa keramik jadul? Karena keramik koleksi saya memang bukan keramik antik. Asalnya paling tua dari tahun 70an, rata2 era 80an. Kok senang? Karena keramik tersebut mengingatkan saya pada masa kecil.

Berawal dari keisengan memiliki seperangkat piring dan cangkir seng bermotif bunga. Duh kampungan banget rasanya ya, piring yang mama saya dulu tidak pernah mengijinkannya ada di dapur, dengan alasan ini adalah piring ala orang susah. Duh Mamaaaa....ini antik, ndeso, unik, nyeni. Ya sudahlah saya tidak akan pernah bisa membuat mama saya mengerti bahwa perangkat makan seng itu unyuuuuu.

Koleksi pertama cukup sekadar piring kaleng 

Membongkar lemari makan mama, saya mendapatkan sisa2 kejayaan mama sebagai ratu RT (baca jaman mama masih aktif bekerja sebelum pensiun). Ada cangkir2 single motif melati mawar, bunga kangkung dan black rose (yang saya baru tau nama2 motifnya setelah kejebur di dunia jadulan ini). Kemana ya sisanya? Plaaaaak....duh dulu saya sering tanpa sengaja memecahkan. Maaf ya Ma, tanganku ini gangguan motorik halus kayaknya dueeeh. \



Motif apa ya ini namanya? Mawar kuning? Cangkir pertamanya boleh ambil dari rumah mama

Singkat cerita, satu per satu saya mulai mengumpulkan si cantik cangkir dan lapak itu. Pelan-pelan dikumpulkan sesuai isi kantong. Hihihi kolektor abal-abal seperti saya ini kan kantongnya minim banget, jadi kalau harganya mahal ya terpaksa nyengir aja. Memang beberapa koleksi yang susah dicari harganya lumayan mahal. Tapi kalau ada yang saya suka, dengan semangat 45 saya kejar terus dan saya beli walaupun dengan mengorbankan uang belanja seminggu (maafkan aku ya pak suami ..) 


Motif twin rose ini susah nyarinya

Yang ini rasanya semua kolektor teko punya

Motif kembang kangkung judulnya



Lama-lama ga cuma koleksi tea set aja jadinya. Boneka porselen pun saya koleksi,tapi sepertinya koleksi boneka porselen ini bakal saya lego bentar lagi. Berhubung ini patung saya agak khawatir rumah saya dijauhi malaikat. Cuma masih bingung gimana menjualnya. Ada yang mau beli ga? 



Ini tuh boneka porselen yang mau dijual

Salah satu koleksi kapstok jatiku

My favorite ...koleksi lonceng mancanegara

Suka sama si old music box boleh nemu di bazaar


Beda memang keramik jaman dulu sama sekarang. Tastenya beda memang. Lebih rustic gitu. Cuma untuk sementara hobi koleksi barang jadul ini saya tunda dulu berhubung lemari pajang udah penuh. Padahal masih pengen beli dan melengkapi seri yang beredar. Nabung dulu deh hehehe. Ga rugi kok saya koleksi, anggap aja investasi. Karena memang harganya makin naik.


Masih banyak yang belum saya foto sih. Ini juga postingan udah lama mendekam baru saya keluarkan, daripada blog saya ini koma :)


Ini motif Dancing Dutchmen, termasuk era 80-an ke atas, bukan antik sih tapi lucu aja
Beda kan warna keramiknya 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar