Cinta

Cinta
Demi Wildan

Bebek

Bebek
Jepret-jepret karya WIildan

Senin, 14 Maret 2011

Lanjutan Peta Makan Pondok Gede

Nyambung postingan kemaren ya….belum selesai nih. Tukang makan kan katalognya panjang hehehe…

Soto

1. Soto Kudus Semarak, Plaza Pondok Gede

Di mal Pondok itu ada beberapa pilihan soto kudus. Semarak yang ada di ruko dekat Cozy Café, Semarak II yang dekat Pegadaian (Ruko belakang Ramayana), Kembang Joyo (ruko belakang Ramayana) dan Hj Khotijah (di dekat bakso Murah lantai I). Kalau lidahku cocok sama Semarak, karena kecapnya asli pakai kecap THG dari Kudus. Kecap THG itu warnanya kuning keemasan dan cenderung lebih manis. Jadi ga bikin kuah soto jadi butek. Lumayan kalau lagi kangen soto Bu Jatmi Kudus. Kalau lagi flu, ga enak badan, diloading pakai soto ini rasanya jadi sedikit sembuh.

2. Soto Ayam Lamongan “Barokah”

Aku sih biasa beli di tempatnya yang baru, samping Bank Mandiri Pondok Gede. Di lokasi ini memang baru dibuka, tapi si bapak yang jualan punya banyak cabang. Di Gamprit depan TK Martha, di Bojongtua, di dekat SD Jatiwaringin (entah berapa). Rasanya sih standar aja, kayak soto ayam yang lain. Tapi sambalnya dong, menggigit banget. Sedikit aja langsung bikin kuping berasap. Belum pernah makan langsung di sana, seringnya dibawa pulang. Makan bareng2 di rumah dengan ayah dan Idan sluuurrrp seger deh.

Sebenarnya suka juga sama soto mie, saying ga bisa kasih rekomendasi soto mie yang enak ada dimana seputaran Pondok. Dulu waktu lagi hamil Idan, paling suka makan soto mie Pinangranti. Tapi sekarang mau makan di situ ga tega, secara debunya banyak banget. Soto depan UIA dan samping Tiptop Pondok Bambu katanya enak, tapi bukan seleraku. Jadi ga rekomen deh. Ada yang tau lagi tempat soto mie yang seger dan banyak risolnya?

Bubur Ayam

1. Bubur ayam kampung Ibu Ida Depan Ex Rama Plaza

Dulu sepertinya bubur ayam ini paling enak. Buburnya kental, gurih dan pakai ayam kampong dengan suwiran yang besar2. Kalau sakit, enaknya makan bubur ayam ini. Tapi sekarang sejak yang mengelola anaknya (yang kalau jualan suka pakai baju seksi…hihihi ga nyambung), kayaknya sedikit ada perubahan struktur dan rasa. Kira2 karena baju seksinya atau kenapa ya? Jadi suka kecewa kalau makan disitu, ga sesuai harapan. Mana mahal pula? Huhuhu…

2. Bubur ayam depan Holland Bakery

Bubur yang ini penggemarnya buaaanyaaak deh kalau Sabtu/Minggu pagi. Sampai yang jualan bingung sendiri. Dulu hampir tiap hari beli karena suka sama sate uritan dan sate kulitnya (kolesterol tuh), tapi entah kenapa sekarang kurang greget. Apa karena yang jualan sekarang si adik penjualnya ya? Kaldunya kasih agak banyakan ya, karena kalau menurut aku, buburnya sendiri kurang gurih rasanya.

3. Bubur ayam khas Kebumen samping TK Martha Gamprit

Nah kalau yang suka sama bubur ini adalah Idan. Buburnya ga usah dikasih kaldu sudah cukup enak dan gurih. Idan makan bubur ini polos aja, ga perlu tambah kecap dan kaldu, biasanya habis. Yang jualan juga bersih, ibu-ibu gitu. Tapi bingung juga, emang Kebumen punya bubur ayam khas ya? Tebakan kita sih karena yang jualan asli Kebumen. Wuih, satu kampung dong kita bu? ;D

4. Bubur ayam depan TK Assyafiiyah

Nah, berhubung sekarang lagi sering nunggu Idan sekolah, makanya bubur ayam ini lagi jadi favoritku. Kayaknya enaaaaak banget. Eh enak apa laper yak arena biasanya kalau ke sekolah Idan itu habis ritual nyuci dan beberes rumah dan belum makan pagi. Hehehe….

Pecel Lele, Pecel Ayam, Bebek dan Seafood

1. Ayam goreng Wonogiri (Gang Damai, Jatiwaringin, sebelum SPBU Bina Lindung)

Ini juga termasuk pedagang yang perjalanan hidupnya kusaksikan jadi lebih sukses. Hebat ya pedagang2 makanan itu. Dulu yang beli cuma satu dua orang di lokasi lamanya, depan ruko kosong di deket2 situ. Terus karena digusur, berkali-kali pindah lokasi sampai kita susah nyarinya, akhirnya ada di lokasi sekarang. Mungkin sudah rizkinya, di tempat yang baru ini, yang beli malah tambah banyak. Istimewanya lele dan ayam si mbak yang asli wonogiri ini adalah pada sambalnya. Sambalnya itu sambal terasi dadak. Jadi kalau ada yang datang baru dia buat sambel di cobeknya yang gede itu. Kasihan, pasti pegel-pegel tangannya kalau mau tidur ;D. Nah sambalnya itu mantap, pedasnya sih belum bikin gue nangis, tapi sudah memenuhi kriteria pedas. Kurangnya banyak….banyak debunya hehehe

2. Pecel ayam di parkiran ruko depan Pizza Hut (belokan Matahari)

Kalau yang ini, ayamnya yang enak. Sambalnya sih standar, tapi ayamnya spesial. Dicelup dulu sama tepung, jadi ada kremesnya gitu. Kriuk kriuk….kremesannya pun selalu ditambahin banyak oleh yang jual. Sebelnya, yang ngamen banyak bencongnya….

3. Nasi Bebek Samping Jembatan Item, Cipinang Melayu

Oke…oke…ini sih sudah melenceng sedikit dari seputar Pondok. Tapi ga apa lah kuposting, soalnya sekeluarga senang banget makan bebek ini. Bebeknya gaya Madura gitu yang dipotong kecil-kecil. Bumbunya royal, makan nasi sama bumbunya aja udah enak, apalagi ditambah sambalnya. Sambalnya rawit hijau gitu, berminyak dan amat sangat pedas. Asik kaaaan? Kalau beli 25ribu aja udah dapat banyak, sekitar 6-8 potong kecil-kecil. Lumayan kan buat diisap2 tulangannya. Aku ga tau Bebek Mak Isa seperti apa, mungkin kayak gini juga kali ya modelnya. Murah dibanding makan di Bebek Kaleyo atau Yogi.

4. Bebek Madura Halte Pasar Gardu

Bebek yang ini juga bebek Madura. Cukup enak, tapi sambalnya belum bisa menyaingi bebek Cipinang itu. Enaknya kalau jualan pagi, jadi kalau Sabtu mau berangkat praktik belum sarapan, biasanya sama si Ayah menclok kesini. Idan juga doyan banget sama bebek, jadi pasti dibawa pulang. Walaupun kalau makan, sambil huhah huhah.

5. Seafood 27 Jatiwaringin, samping Pesantren Putri Assyafiiyah

Mau makan seafood enak ga usah jauh-jauh ke Kelapa Gading apalagi Bandar Jakarta. Ke Seafood 27 aja di Jatiwaringin. Kerang rebus plus saosnya juara. Kerang saus padangnya juga 90% mirip sama punyanya Bandar Jakarta. Tapi aku ga suka sama cah kangkungnya, terlalu matang menurutku. Lebih enak kan kalau yang masih krenyes2 gitu. Harga standar lah, sayangnya dia curang ga kasih daftar harganya juga di menu. Jadi kalau kalap makan, siap2 aja ditagih banyak ;D

Bakmi Jowo

1. Bakmi Jowo Condronegaran

Ada di Pangkalan Jati, arah ke Duren Sawit. Persis di samping ruko Bank DKI. Kalau makan di sini serasa makan di Yogya, karena tukang masaknya mbah-mbah. Masaknya pakai arang batok, makanya bakminya enak. Ada beberapa pilihan menu, tapi yang jadi iconnya sih mie gorengnya. Enaaaak banget, buat obat kangen Bakmi Pakdhe di Ngesrep Semarang. Minumnya paling enak es gula asam. Si Ayah suka makan bacem tahunya sambil nyeplus cabe rawit.

2. Bakmi Jowo Gondrong

Letaknya di Sengon, Lubang Buaya, depan Satharlan. Kalau yang di sini rekomendasiku adalah mie rebusnya. Spesialnya pula si abang nambahin kekian disini. Sayangnya tempatnya panas dan sempit, terus ga disediakan cabe rawit, adanya malah saus. Lho, mana njowo-nya kalau pakai saus sambal?

Hehehe…..masih bersambung kok. Tapi lanjut aja nanti ya…Daku mau hunting dosen lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar