Cinta

Cinta
Demi Wildan

Bebek

Bebek
Jepret-jepret karya WIildan

Kamis, 28 April 2011

KATA PENGANTAR



 Ini adalah cuplikan kata pengantar dalam tesis saya. Penuh semua penghargaan saya buat orang-orang terdekat saya:

Syukur Alhamdulillah, segala puji saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk semua jalan dan kesempatan yang telah dibukakan sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan tesis ini. Tesis ini disusun untuk memenuhi persyaratan pendidikan sebagai peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak di Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

            Rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM yang telah memberikan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan dorongan selama pendidikan yang saya tempuh. Kepada seluruh pegawai, perawat, dan pekarya Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM, saya ucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang tak terkira, karena kalian telah mengajarkan sisi lain cara memandang dan merawat pasien, sehingga melengkapi proses pendidikan saya. 

            Tak ada kata yang dapat menggambarkan rasa syukur dan terima kasih kepada teman-teman batch Januari 2006, yaitu Dr. Ismi Citra Ismail, Dr. Amanda Soebadi, Dr. Ayi Dilla Septarini, Dr. Daulika Yusna, Dr. Desy Dewi Saraswati, Dr. Klara Yuliarti, Dr. Laila, Dr. Matahari Harumdini dan Dr. Sondang Sidabutar. Semua suka dan duka , seluruh tangis dan tawa, terkadang perselisihan-perselisihan kecil telah menemani perjalanan kita bersama dalam menempuh pendidikan. Saya mendapatkan sebuah keluarga baru dalam proses ini, tidak hanya satu, tetapi sembilan orang saudara perempuan. Saat saya merasa bahu tidak kuat lagi menahan beban, kalian menawarkan sembilan pasang tangan untuk mengangkat beban saya. Saat saya tersandung, kalian membantu saya berdiri dan melangkah tegak lagi. Selayaknya keluarga, pertengkaran pun kerap ada, namun konflik justru semakin membuat kita saling mengerti dan lebih menyayangi satu sama lain.  Semoga kalian akan terus menjadi bagian dari keluarga saya untuk sekarang dan seterusnya.

            Sembah sujud dan terima kasih yang tak terhingga saya haturkan kepada ayahanda H. Sugiyanto  dan ibunda Hj. Sri Purbayani yang telah membesarkan, mendidik, dan mendoakan saya tanpa pamrih.Tiada putus dukungan moril dan materi yang telah tersampaikan kepada saya. Tiada terputus pula tersebut nama saya dalam doa ayahanda dan ibunda yang dipanjatkan setiap hari. Teladan bagaimana menjadi orangtua  yang baik tak akan saya lupakan sampai kapanpun. Kepada adik-adikku tersayang, Rina Yustiant, ST dan Dinda Agarita, ST,terima kasih yang setulus-tulusnya saya ucapkan, untuk dukungan dan semangat yang tak hentinya diberikan selama saya menempuh pendidikan. Terima kasih yang tidak terhingga juga kepada adik ipar saya tersayang, Lina Nova Triana, S.Ak, yang selalu menjaga putra saya apabila saya tidak ada untuknya. Tiada yang saya dapat lakukan untuk membayarnya, selain berdoa agar Allah SWT membalas semua kebaikan kalian.

Rasa syukur dan terima kasih yang tak terkira saya sampaikan kepada suami tercinta, Ali Samian, SS, yang selalu ada untuk saya dan menyediakan semua dukungan, bantuan, pengertian dan kesabaran tanpa batas, bahkan di saat saya berada pada titik terendah sekalipun. Kepada buah hati tercinta, ananda Khaeyru Wildan Ikhsani, terima kasih karena selalu menyayangi Ibu tanpa pamrih walaupun banyak waktu yang terlewati dan janji yang terabaikan. Ananda Wildan-lah yang menjadi obat di saat  Ibu lelah dan sedih. Terima kasih karena kalian selalu bisa menerima kekurangan saya sebagai istri dan ibu yang yang sedang menggapai mimpi.

Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dr. Aria Kekalih yang sangat membantu proses analisis penelitian , juga kepada Bapak Ayi yang mengantar saya menemui semua pasien penelitian ini dan semua pasien kecil saya yang telah bersedia menjadi subjek penelitian.  Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada semua pasien yang pernah menjadi guru bagi saya. Percayalah, kalian adalah guru terbaik yang pernah saya miliki dan tidak bisa tergantikan oleh buku teks apapun.

- Rini Purwanti -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar